Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Banyak dari kita yang mengabaikan makan pagi atau sarapan pagi dengan alasan tidak ada waktu untuk memasaknya, belum nafsu makan, takut gemuk dan lain sebagainya. Itu karna mereka menganggap bahwa sarapan pagi kurang penting. Anggapan bahwa sarapan pagi dihindari dengan alasan takut kegemukan, itu adalah anggapan yang salah. Justru sebaliknya menghindari sarapan pagi cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar pada saat jam makan siang.

Sarapan pagi yang baik adalah mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral, protein, lemak secukupnya dan air. Dalam porsi sedang yaitu sekitar ¼ dari total kebutuhan kalori harian. Jika ingin mengurangi berat badan bukan hanya mengurangi porsi saat makan pagi tetapi mengurangi porsi secara merata di semua jam makan baik makan pagi, makan siang, maupun makan malam.

Sarapan pagi antara orang dewasa, anak anak usia sekolah dan remaja berbeda. Anak-anak usia sekolah dan remaja sangat di anjurkan yang bergizi komplit. Karena pada usia ini mereka sangat membutuhkan energi dari sarapan pagi untuk membantu mereka tetap bisa berkonsentrasi sampai jam makan siang. Sebenarnya sebagian dari anak-anak sekolah/remaja sudah menjalani aktivitas sarapan pagi namun sayangnya gizi sarapan itu umumnya tidak seimbang karna orang tua mereka hanya memiliki waktu yang terbatas di waktu pagi hari untuk menyiapkan masakan. Dan mengambil alternatif lain dengan memilih menu sarapan yang praktis seperti setangkup roti tawar yang di tambahkan susu/keju/nasi putih plus telur dadar/mata sapi.

Jika tidak sarapan pagi anak-anak usia sekolah tidak dapat berkonsentrasi dan jika merasa lapar mereka tidak bisa meninggalkan waktu belajar untuk mencari makan, kalaupun bisa keluar disekitar sekolah yang ada hanya jajanan yang kurang sehat. Lain halnya dengan sarapan pagi orang dewasa. Sarapan pagi orang dewasa bisa di tunda/ dengan kalori rendah bagi yang sedang menjalankan diet. Karena orang dewasa sudah memiliki kemampuan mengontrol pola makan secara disiplin. Selain itu tubuh orang dewasa jauh lebih terlatih dalam mengelola cadangan energi. Kalaupun lapar mereka lebih mudah mencari makanan dengan gizi yang lebih baik daripada jajanan anak-anak sekolah.

Sebaiknya sarapan pagi jangan ditinggalkan karna sarapan pagi sangat penting bagi tubuh kita. Jam makan pagi/sarapan pagi yang baik adalah sebelum jam 9 pagi. Waktu terbatas di pagi hari janganlah di jadikan alasan untuk meninggalkan sarapan karna tidak ada waktu untuk memasaknya, untuk itu waktu malam hari kita menyiakannya dengan cara memasak di malam hari sebelumnya, lalu masukkan ke dalam kulkas. Di pagi harinya kita tinggal menghangatkan masakan itu. Kalaupun tidak punya waktu sarapan di rumah, masakan itu bisa di bungkus untuk di jadikan bekal.

Untuk menambah selera dan kandungan gizi menu sarapan pagi harus bervariasi. Karena dengan menu yang itu-itu saja kita akan bosan dan mengurangi selera makan, selain itu dengan menu yang monoton kita juga akan memperoleh nutrisi yang monoton juga padahal tubuh kita memerlukan bermacam-macam nutrisi.

Itulah manfaat sarapan pagi untuk kesehatan kita. Semoga dengan ulasan ini, kita semua jadi tahu tentang betapa pentingnya sarapan pagi sehingga sebisa mungkin kita tidak meninggalkannya.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*