Melatih Anak Belajar Menulis, Berikut Caranya

Cara melatih anak agar mau belajar menulis itu harus ada trik dan tips khusus supaya anak mau mengerjakanya tapi tidak merasa dipaksa. Mengajarkan menulis pada anak usia dini tidaklah semudah yang kita bayangkan, karena anak mau belajar itu tergantung mood. Anak usia dini (3-6 tahun) adalah dimana sang anak sedang gemar-gemarnya bermain, maka sebagai orang tua anda harus pintar-pintar untuk membujuk anak agar mau belajar, khususnya belajar menulis.

 

Yang terpenting adalah anda harus sabar dan tekun untuk melatih anak agar bisa menulis. Jika anda bingung bagaimana caranya, ikutilah beberapa tips berikut ini:

 

  1. Yang pertama kali harus anda lakukan adalah melatih sang anak bagaimana cara memegang pensil yang baik dan benar.

 

  1. Sesuai yang sudah saya katakan diawal, bahwa anak akan belajar sesuai dengan mood mereka. Maka dari itu tunggu sampai anak mau belajar, namun tetap dengan sedikit rayuan dan bujukan anda.

 

  1. Melanjutkan poin yang kedua, jangan paksa anak anda untuk belajar menulis, karena itu tidaka akan baik bagi sang anak.

 

  1. Beri hadiah bagi sang anak yang sudah mau menulis, namun tidak perlu selalu berupa barang, bisa melalui pujian ataupun pelukan hangat dari anda itu sudah cukup membuat anak anda senang.

 

  1. Mulailah menulis dari huruf yang paling awal, hal tersebut sekaligus akan melatih anak untuk menghafal huruf.

 

  1. Sabar dan telaten.

 

Mengajarkan sesuatu yang baik terhadap anak akan lebih baik dilakukan sejak dini, agar sang buah hati mampu terlatih untuk melakukan hal yang baik pula. Termasuk saat harus melatih atau mengajarkan anak untuk menulis, maka sudah menjadi tugas anda untuk mengajarkan cara menulis sejak dini.

 

Itulah beberapa tips yang bisa membantu anda guna melatih sang anak untuk mau menulis. Semoga bermanfaat bagi anda, dan selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*