Membeli Mobil Bekas, Inilah yang Perlu Diperhatikan

Saat mempunyai keinginan untuk membeli mobil maka anda harus memperhatikan budget yang anda miliki. Jika dana yang anda punya tidak mencukupi untuk membeli mobil baru dengan cash, maka ada bisa mengajukan kredit kepada pihak leasing. Namun apabila anda ingin kredit mobil, sebaiknya anda memiki gambaran duit untuk membayar angsuran tiap bulanya, jangan sampai terjadi kredit macet yang nantinya anda sendiri yang akan rugi. Perlu pemikiran matang untuk mengambil kredit mobil tersebut, dan jika anda takut maka jangan berani-berani memutuskan untuk kredit. Lebih baik anda membeli mobil bekas atau second saja. Perlu anda ketahui, bahwa diperukan pengetahuan khusus saat akan membeli mobil bekas, agar jangan sampai anda seperti membeli kucing dalam karung (asal membeli saja). Untuk membantu andadalamupaya membeli mobil bekas itu, berikut akan saya bagikan beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas atau second.

 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli mobil bekas:

 

  • Perhatikan Bagian Bawah Mobil

Yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas yang pertama adalah dega memperhatikan mesin bagian bawah. Perhatikan apakah bagian bawah mobil tersebut berkarat atau tidak? Banyak olie yang bocor atau tidak? Sebaiknya pilih mobil yang bagian bawahnya belum karatan dan tidak terdapat olie yang bocor, karena hal tersebut bisa dipastikan bahwa mobil dalam kondisi bagus dan terawat dengan baik.

 

  • Perhatikan Mesin Mobil

Jangan tertipu oleh kondisi mesin yang mengkilap, karena bisa saja itu hanya sebuah tipuan belaka. Pastikan kembali dengan cara test drive dan cek kembali apakah ada karet atau selang yang keluar olinya, jika ada sebaiknya jangan dibeli. Mesin yang bagus akan mengeluarkan bunyi yang nyaring dan terasa  kering saat pedal gas di injak penuh.

 

  • Kondisi Body Luar Dan Kondisi Interior

Langkah membeli mobil bekas selajutnya adalah dengan memperhatikan body mobil, lihat juga bagian interiornya. Mobil yang terawat dengan baik akan terlihat dari kondisi luar dan dalamnya, jadi cari mobil bekas yang bagian tersebut masih bagus. Hal tersebut dapat menjadi gambaran apakah yang punya mobil tersebut merawat mobil tersebut dengan baik atau tidak, karena biasanya perawatan mobil bagian luar akan mempengaruhi perawatan bagian dalam (mesin)  mobil.

 

  • Cek Kelengkapan Surat

Cek secara teliti kelengkapan surat-suratnya agar dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang di inginkan. Cek nomor rangka pada STNK dan BPKB dengan nomor rangka mesin pada mobil. Pastikan bahwa surat yang diperlihatkan kepada anda adalah benar surat dari mobil tersebut, hal ini wajib anda perhatikan karena banyak kasus penipuan dengan memalsukan surat kendaraan.

 

  • Referensi Harga

Sebelum anda menawar harga yang diajukan oleh penjual, sebaiknya anda sudah mengetahui berapa harga pasaran akan mobil jenis tersebut, jangan sampai anda menyesal karena membeli mobil dengan harga mahal. Cari referensi lewat internet atau tanya kepada teman atau keluarga yang paham akan harga mobil bekas.

 

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam upaya membeli mobil bekas, agar anda tidak menyesal karena membeli mobil bekas yang salah. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda, dan semoga membantu anda!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*