Menghitamkan Rambut Secara Alami

Rambut hitam adalah dambaan hampir semua masyarakat kita. Pada dasarnya masyarakat asli pribumi (Indonesia) mempunyai jenis rambut yang berwarna hitam, walaupun ada beberapa yang karena kelainan atau faktor keturunan mempunyai jenis warna rambut yang berbeda. Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung juga dapat menyebabkan rambut kita menjadi kemerah-merahan. Selain itu beberapa hal yang bisa mengubah warna rambut orang pribumi antara lain:

  1. Karena seringnya rambut diwarnai
  2. Penggunaan shampo yang salah (tidak cocok dengan karakter rambut)
  3. Rebonding

Maka atas dasar berbagai hal yang menyebabkan rambut rusak dan berubah warna itu, maka disarankan agar anda bijak dalam merawat rambut agar tetap hitam dan lebat. Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis dan karakter rambut anda, jangan terlalu sering meluruskan rambut (rebonding), juga apabila anda akan melakukan pengecatan rambut sebaiknya cari tahu mana cat rambut yang aman dan banyak disarankan oleh pakar yang berkompeten.

Membuat rambut menjadi hitam kembali sebenarnya tidak sulit, asal anda rajin merawat. Salah satu perawatan yang mudah dan aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Karena selain mudah dan aman, juga biaya bisa terjangkau. Bahan apa saja yang bisa menghitamkan rambut? Antara lain:

Minyak Kemiri

Kemiri sering kita jumpai di dapur, sebagai bahan atau bumbu masakan. Namun tidak itu saja ternyata manfaat yang ada pada kemiri, melainkan bisa juga berguna sebagai penyubur dan penghitam rambut. Yang digunakan adalah minyaknya, anda bisa membelinya di warung/toko, namun bisa juga membuatnya sendiri. Caranya: ambil beberapa kemiri, lalu dibakar. Setelah agak gosong angkat kemiri tersebut, langkah selanjutnya adalah menumbuk atau mengeprek kemiri, maka nanti akan keluar air yang kental. Nah itulah yang dinamakan minyak kemiri. Penggunaanya adalah mengoleskan minyak tersebut secara merata (dari akar sampai ujung rambut).

Biji Pepaya

Buah pepaya mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat tubuh kita. Jika anda sudah selesai menyantap nikmatnya buah pepaya, sebaiknya biji-biji yang terdapat pada buah pepaya tersebut anda manfaatkan untuk menghitamkan rambut. Caranya sederhana sekali, yaitu sangrai biji pepaya tadi, lalu tumbuk sampai menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada rambut merata ke semua bagian rambut anda.

Kopi

Sesuai dengan warnanya yang hitam pekat, ternayata kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut. Caranya: rebus air sampai mendidih, lalu masukan kopi hitam secukupnya. Kalau seudah benar-benar mendidih, angkat dan tuang kedalam wadah yang agak lebar (agar rebusan kopi cepat dingin). Kemudian setelah dingin, basahi rambut dengan kopi tadi, merata keseluruh bagian, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk membuat rambut hitam dan berkilau. Sebenarnya masih ada lagi cara alami yang bisa digunakan untuk menghitamkan rambut, seperti:

  1. Minyak Zaitun
  2. Teh Hitam
  3. Lidah Buaya
  4. Mangga.

Itulah cara-cara menghitamkan rambut secara alami. Semoga bermanfaat bagi anda dalam melakukan perawatan rambut agar tetap hitam lebat dan berkilau.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*