Menjaga Jantung Sehat Sejak Dini

Menjaga jantung sehat sejak dini itu perlu dan bahkan harus, walaupun penyakit jantung dan pembuluh darah sangat jarang ditemukan pada usia anak-anak dan remaja, namun hal ini tetap harus menjadi perhatian, karena faktor resiko dan kebiasaan yang mempercepat timbulnya panyakit jantung dan pembuluh darah dimulai dari masa kanak-kanak.

 

Penyakit jantung dan pembuluh darah itu dimulai dengan proses atherosklerotik, yaitu penumpukan materi lemak di dalam pembuluh darah. Penumpukan plak ini akan memperlambat aliran darah, khususnya aliran darah yang mengalir ke jatung, yang akan menyebabkan nyeri dada, serangan jantung, bahkan stroke. Untuk itu sangat penting menjaga jantung tetap sehat sejak dini.

 

Proses atherosklerotik ini dimulai dari usia muda, dengan memperhatikan faktor resiko yang ada, dan akan berlanjut menjadi sebuah penumpukan plak di pembuluh darah pada dekade kehidupan ketiga dan keempat.

 

Umumnya, anak-anak membutuhkan makanan dan minuman dengan kadar butrisi yang baik dan berimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Pola diet jantung yang sehat direkomendasikan untuk anak lebih dari 2 tahun, secara umum ditekankan pada buah-buahan dan sayur-sayuran, gandum, makanan rendah lemak, kacang-kacangan, ikan dan daging dengan kadar lemak rendah.

 

Pola diet ini memberikan kepada kita suatu referensi informasi tentang komposisi diet, intake kalori yang tepat pada beragam usia, makronutrien, mikronutrien, porsi ukuran, dan pemilihan makanan.

 

Adapun tips untuk menjaga kesehatan jantung adalah:

 

  • tidak merokok (hindari terkena asap rokok atau jadi perokok pasif).

 

  • Mempertahankan berat badan dalam batas normal.

 

  • Rutin dalam aktifitas fisik secara teratur.

 

  • Makan makanan yang sehat.

 

  • Mengatur tekanan darah (yang normal).

 

  • Mengurangi kolesterol.

 

  • Menjaga gula darah dalam batas normal.

 

 

Itulah cara menjaga jantung sehat sejak dini. Semoga bermanfaat untuk kita semua, dan salam sehat selalu untuk kita semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*