Multi Manfaat Dalam Kandungan Vitamin C

Master Of Nutrient, itulah julukan untuk vitamin C yang kaya akan khasiat dan manfaat. Apabila kebutuhan anda akan vitamin C terpenuhi, maka beberapa penyakit akan terhindar dari hidup anda, dan juga vitamin C berfungsi menyembuhkan beberapa penyakit.

Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jenis buah-buahan. Maka disarankan agar anda tidak lupa mengkonsumsi buah-buahan agar kekebalan tubuh anda terjaga dan tidak mudah menderita penyakit.

Vitamin C juga bermanfaat sebagai penyeimbang kolesterol dan trigliselid. Hali tersebut dibuktikan dalam penelitian klinis yang menunjukkan bahwa vitammin C dapat menurunkan kolesterol tinggi dan trigiselida serum pada seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Namun vitamin C tidak dapat menurunkan kadar kolesterol pada sesorang yang mempunyai kadar kolesetrol normal. Hal ini berarti vitamin C dapat bereperan sebagai homeostatis dalam mencapai keseimbangan.

Asam askorbat  (nama kimia dari vitamin C) juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit artritis. Artritis yang dapat menyebabkan kolagen tergenerasi dapat dihindari dengan vitamin ini.

Dosis vitamin C yang efektif antara 1-3 gram perhari sudah dirasa cukup unutk mencegah penyakit pilek dan influenza.

Selama ini banyak kalangan berpendapat bahwa tubuh hanya bisa menyimpan vitamin C dalam jumlah yang sangat sedikit, dan merupakan sebuah pemborosan apabila mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi, namun anggapan itu ternyata salah. Sebenarnya tubuh menyimpan kandungan vitamin C secara fluktuatif (tergantung pada jumlah yang dibutuhkan untuk menunjang sistem imunitas, mengikat radikal bebas, mengatur metabolisme kolesterol, dll.)

Seorang ilmuwan yang bernama Robert Catchart berpendapat bahwa berapa sebaiknya kadar vitamin C yang dibutuhkan adalah melalui toleransi perut. Teknik ini tidak menjelaskan berapa jumlah yang harus dikonsumsi, tetapi tubuh diminta menentukan sendiri kebutuhan vitamin C ini. Kesimpulan dari teknik ini sederhana, vitamin C akan diketahui berlebih atau tidak berdasarkan timbul atau tidaknya diare. Hal ini dikarenakan larutan vitamin C yang pekat dalam sel usus halus akan menarik air dari sekeliling sel, melepaskan kotoran, dan menghasilkan diare. Jadi dosis yang maksimal adalah persis dibawah dosis yang menyebakan diare.

Pilihlah buah yang masih segar untuk mendapatkan khasiat vitamin C Â yang lebih agar manfaat yang terkandung dapat terserat sempurna bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*