Panduan Memilih Dan Menyimpan Makanan Dalam Wadah Plastik

Wadah dari bahan plastik banyak di minati masyarakat karena harganya yang murah dan praktis untuk menyimpan makanan. Sekarang ini banyak di jual wadah-wadah makanan atau minuman yang dijual di pasaran dari mulai ukuran sangat kecil sampai ukuran yang besar tetapi memiliki kualitas sangat rendah.

Perlu di ketahui wadah plastik yang berkualitas rendah mengandung bahan-bahan kimia, selain itu juga adanya plumbum atau timah hitam yang bisa saja terdapat dalam produk plastik. Zat kimia ini bisa meracuni dan merusak jaringan otak. Boleh-boleh saja menyimpan makananan dalam wadah plastik asal yang memenuhi standar kesehatan.

Berikut panduan untuk menyimpan makanan dalam wadah plastik.

  • Saat membeli sebaiknya cium aromanya apakah bau plastiknya menyengat atau tidak. Jika ia sebaiknya jangan di beli karena wadah plastik yang berbau menyengat jika di gunakan untuk menyimpan makanan di khawatirkan wadah tersebut mengandung zat kimia berbahaya yang mudah mengontaminasi makanan.
  • Sebaiknya pilih wadah plastik yang memiliki recycling code. Biasanya terletak pada bagian bawah produk. Di tengah recyclingcode terdapat angka 1 sampai 7. Yang di anggap aman adalah angka 2, 4 dan 5. Angka 1 hanya boleh sekali di pakai, sementara angka 3,6 dan 7, sebaiknya di hindari karena kandungan plastiknya dapat membahayakan kesehatan.
  • Wadah plastik sebaiknya mudah di buka dan di tutup. Sebagian wadah plastiktidak cocok di gunakan untuk anak karena proses membuka dan menutupnya cukup merepotkan meski tingkat kerapatannya sangat tinggi.
  • Pilih yang tahan terhadap tekanan beban, sehingga tidak mudah rusak dan makanan atau minuman tetap tersimpan dengan baik.
  • Harus tertera keterangan food grade di tambah logo SNI dalam kemasannya, yang berarti sudah memenuhi syarat kesehatan.
  • Mampu melindungi makanan atau minuman dengan baik yang di tandai dengan kerapatan maksimal sehingga ketika di balik makanan atau minuman tidak mudah tumpah. Dan dalam beberapan jam atau hari makanan tidak berubah warna atau bau.
  • Jangan gunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan yang berminyak. Karena di khawatirkan akan terjadi proses kimiawi yang terjadi antara minyak dan plastik.
  • Jangan pernah menempatkan makanan atau minuman panas dalam wadah plastik. Dan jangan menaruh wadah plastik di tempat yang terpapar sinar matahari langsung atau di ruangan yang suhunya di atas 35 Derajat Celcius.
  • Jika kerap menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan atau minuman, perhatikan apakah warnanya memudar atau tidak. Jika warna sudah memudar kita perlu hati-hati karena mungkin di akibatkan reaksi zat aditif dalam plastik yang masuk ke dalam makanan atau minuman. Segera ganti wadahnya dengan wadah yang food grade.

Itulah beberapa tips cara menggunakan wadah dari plastik. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*