Penyebab dan Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan

Makanan merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Tanpa makanan kita tidak akan mendapatkan nutrisi atau energi yang cukup guna menunjang segala kegiatan. Tapi ternyata kita harus tetap waspada dengan makanan yang kita konsumsi, karena tidak semua jenis makanan aman dikonsumsi. Ada makanan yang dapat menyebabkan alergi,ada juga yang mengandung senyawa beracun yang dibawa serta dengan makanan. Pada artikel edisi kali ini akan saya bahas mengenai penyebab dan pertolongan pertama pada keracunan makanan.

 

Penyebab keracunan dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Kimia

Penyebab keracunan kimia yaitu keracunan yang di sebabkan karena adanya bahan kimia beracun dalam makanan. Contohnya adalah mengkonsumsi ikan yang k dari perairan yang tercemar oleh limbah hasil industri, sehingga dalam tubuh ikan mengandung kadar metil merkuri atau senyawa kimia yang berbahaya.

 

  • Biologi

Keracunan yang disebabkan karena mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zat racun alami, yang dihasilkan dari bahan makanan itu sendiri.

 

  • Mikro Biologi

Penyebab keracunan yang terakhir adalah mikro biologi. Mikro biologi atau di sebut juga bakteri dan bakteri sendiri digolongkan sebagai patogen, karena bakteri dapat menimbulkan berbagai kerugian bila masuk kedalam tubuh.

 

Itulah tiga penyebab keracunan pada makanan. Nah bagi orang yang terkena keracunan makanan maka pertolongan pertama yang harus segera dikerjakan adalah:

 

  • Memberikan air putih sebanyak-banyaknya atau memberikan susu yang sudah dicampur dengan telur mentah.

 

  • Berikan pencahar selama 3x berturut-turut.

 

  • Berikan air kelapa hijau atau air santan kental dan dicampur garam 1 sendok makan.

 

  • Lakukan berbagai cara agar si penderita muntah,salah satunya dengan memasukan jari kedalam tenggorokan.

 

  • Jika penderita semakin parah maka jangan tunda lagi untuk membawanya ke dokter.

 

Itulah penyebab dan cara pertolongan pada keracunan makanan,semoga kita lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi makanan. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*