Penyebab Iritasi Kulit Yang Paling Umum

Ada berbagai macam penyebab iritasi kulit, termasuk beberapa benda disekitar anda. Iritasi kulit adalah dimana kulit gatal, warna kulit menjadi memerah, kulit menjadi bersisik, ruam dan pecah pecah. Jika anda mengalami hal tersebut maka segeralah diobati agar iritasi kulit itu tidak menyebar.

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa iritasi kulit disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk benda yang ada disekitar. Maka dari itu, disini akan saya ulas beberapa hal yang dapat mengakibatkan iritasi kulit, diantaranya:

Sabun

Cuci tangan secara berlebihan menggunakan sabun dan air dapat menghilangkan minyak alamiah kulit, sehingga hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Awalnya, tangan mungkin nampak kering, mengelupas, tapi jika tidak diobati dan hal itu tetap berlanjut maka kulit akan menjadi pecah dan verdarah. Beberapa sabun lain yang bisa mengakibatkan iritasi kulit antara lain: sabun cuci piring, bubble bath, dan pembersih tubuh.

Pembersih Rumah Tangga

Disarankan untuk memakai sarung tangan saat memakai pembersh rumah tangga (seperti pembersih piring, pembersih jendela, pemoles furniture, desinfektan toilet). Beberapa pembersih rumah tangga diatas dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Baju

baju, terutama kain kasar seperti wol, dapat problematik untuk orang yang menderita penyakit kulit yang disebut atopic dermatitis, bentuk eksim yang paling umum. Jika dirasa anda sewaktu memakai baju namun terasa tidak nyaman dikulit maka segeralah ganti baju anda, karena kemungkinan besar hal tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit.

Panas

Cuaca panas, terutama selama musim kemarau, dapat memperparah masalah kulit yang terkait dengan keringat. Anda mungkin melihat kemerahan di area tertentu, misalnya di ketiak, lipatan perut. Itu adalah tanda iritasi kulit.

Minyak Wangi

Alergi minyak wangi termasuk hal yang wajar dan umum, karena ada sekitar 5.000 wewangian yang menggunakan banyak kombinasi lain sehingga sulit dilacak. Sebagian orang mungkin mengembangkan ruam kulit dari musk, sementara yag lain bereaksi terhadap wangi vanila.

Tanaman

Poiso ivy, poison oak, poison sumac adalah 3 tnaman yang paling umum menyebabkan iritasi kulit.Ketiganya mengandung minyak yang disebut urushiol, yang memicu reaksi alregi,khusus ruam gatal. Reaksi ringan mungkin berlangsung selama 5 sampai 12 hari. Namun ada yang lebih parah lagi karena bisa berlangsung selama 30 hari bahkan lebih.

Makanan

Alergi makanan juga bisa menyebabkan iritasi kulit, dari gatal sampai ruammerah pada kulitBahkan ada yang terjadi iritasi kulit hanya karena mengolah makanan tertentu. Jauhi makanan yang kiranya dapat menyebabkan kulit anda terkena iritasi.

Itulah beberapa benda disekitar yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Semoga anda lebih waspada dalam penggunaanya, dan semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*