Penyebab Laptop atau Komputer Berjalan Lambat (Lemot), Beserta Solusinya

Laptop atau komputer anda tiba-tiba lemot? Hal tersebut tentunya akan membuat anda jengkel, apalagi disaat anda dituntut untuk segera menyelesaikan sebuah pekerjaan yang mengharuskan menggunakan laptop atau komputer. Sebelum anda mencari tahu bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi untuk laptop atau komputer lemot (berjalan lambat):

 

  • Kapasitas RAM Kecil

Penyebab laptop lemot yang pertama adalah kapasitas RAM yang terlalu kecil. RAM atau Random Acces Memory adalah alat penyimpan data sementara pada komputer saat menjalankan program. Dengan kata lain, jika kebutuhan program yang dijalankan komputer anda banyak, maka RAM yang dibutuhkan juga banyak karena RAM memiliki peranan yang sangat penting dalam multitasking atau menjalankan program secara bersama dalam suatu waktu. Jika kapasitas RAM anda tidak sesuai (kecil) dengan kebutuhan anda (besar) maka itu akan membuat perangkat anda menjadi lambat atau lemot.

 

Solusi: tambah kapasitas RAM pada laptop atau komputer anda agar kinerja laptop bisa maksimal dan tidak mengganggu aktifitas anda.

 

  • Banyaknya Program Yang Dijalankan

Penyebab laptop berjalan lambat yang selanjutnya adalah karena banyaknya program yang dijalakan secara bersama. Hal ini sebenarnya sama dengan point pertama, akan terjadi jika RAM kecil kapasitasnya.

 

Solusi: sebaiknya menjalankan program satu persatu atau utamakan yang lebih penting dulu, agar laptop anda tidak gampang hang atau not responding.

 

  • Menginstall Program Yang Berat

Semua harus disesuaikan dengan kapasitasnya, kurang lebih seperti itu. Jangan memaksakan laptop anda menyimpan atau menginstall program yang berat atau mempunyai kapasitas tinggi sementara kapasitas laptop anda tidak mampu. Misal saja, anda ingin mendownload game FIFA yang memiliki kapasitas tinggi tetapi laptop anda tidak mampu atau bahkan tidak support akan game tersebut, maka jangan memaksa untuk tetap memasangnya.

 

Solusi: seperti penjelasan diatas, sebaiknya tidak usah neko-neko untuk memaksakan apa yang seharusnya tidak usah dipaksa.

 

  • Adanya VIRUS

Penyebab laptop lambat atau lemot selanjutnya adalah karena adaya virus dalam laptop anda. Virus akan merusak data atau file yang sudah anda simpan, dan akan membuat komputer anda hang atau lemot. Virus bisa masuk dari berbagai hal, diantaranya saat anda mendownoload sesuatu secara sembarangan dari internet, juga bisa masuk melalui FD yang anda colokkan pada laptop.

 

Solusi: install anti virus yag terpercaya untuk menjaga dan mencegah virus masuk ke kmputer anda. Jika antivirus tidak dapat mengatasi maka segera install ulang peragkat anda. Yag pasti jangan sembarangan mendownload dari internet, jangan sembarangan mecolokkan FD pada laptop, dan jangan lupa selalu update secara berkala antivirus anda.

 

  • Banyaknya File Dan Aplikasi

file yang menumpuk pada komputer anda juga dapat membuat komputer anda menjadi lemot atau lambat.

 

Solusi: hapus file yang sudah tidak terpakai lagi, dan buang aplikasi yang tidak penting. Hal ini akan membuat kinerja laptop anda menjadi lebih cepat.

 

  • Banyak Program Yang Berjalan Di Starup

Program yang berjalan pada starup juga menjadikan laptop anda berjalan lambat atau lemot. Ini dikarenakan proses multitasking yang dijalankan secara bersama-sama.

 

Solusi: non aktifkan program yang menurut anda tidak terlalu penting, namun jangan sampai salah karena bisa berakibat fatal terhadap laptop anda.

 

Itulah beberapa penyebab komputer atau laptop berjalan lambat atau lemot, semoga bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*