Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan

Banyak orang yang bilang wanita belum sempurna jika belum melahirkan si buah hati. Mengandung selama 9 bulan dan melahirkan bukanlah perkara ringan. Banyak rintangan-rintangan yang harus dihadapinya saat mengandung maupun setelah melahirkan. Dari segi non fisik kita mesti mendengarkan kata para orang terdekat tentang boleh dan tidaknya melakukan sesuatu saat hamil atau saat setelah melahirkan dan di saat merawat si kecil. Dari fisik akan terjadi perubahan di mana bentuk tubuh berubah drastis sesuai dengan umur kehamilan, tetapi semua itu tergantikan dengan lahirnya si kecil dan status berganti menjadi seorang ibu, sungguh pengalaman yang tidak terlupakan dalam sejarah hidup.

Begitu banyak hal yang tidak diketahui dalam menghadapi persalinan hingga menghadapi si kecil di hari-hari pertama kehidupannya. Rasa tidak nyaman seperti payudara membengkak, puting susu lecet, sakit kepala, masa nifas dan perubahan emosi. Tetapi tubuh di tuntut untuk selalu sehat dan segar agar bisa mengasuh dan merawat si buah hati terutama dalam memberikan makanan terbaik (ASI).

Meskipun seperti itu lantas kita sebagai ibu baru tidak boleh bermalas-malasan, karena tubuh butuh perawatan untuk memulihkan kondisi fisik yang lemah dan juga berusaha mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Perawatan tubuh setelah melahirkan yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Asupan makanan dengan gizi seimbang, perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Gizi yang baik merupakan awal yang sehat untuk dapat menyusui. Makan sayuran juga menghindarkan dari sembelit.
  • Menjaga kesehatan terutama daerah sekitar organ intim yang rentan terhadap infeksi. Kenakan pembalut khusus nifas agar aktivitas tidak terganggu.
  • Apabila saat persalinan perinium atau yang merupakan daerah antara anus dan vagina terjadi robek atau lecet sehingga masih meninggalkan luka yang terasa nyeri sebaiknya bekas luka diKompres dengan air hangat.
  • Mandi dengan shower akan menyegarkan tubuh dan membuat rileks. Sesekali gunakan minyak esesnsial dengan aroma tertentu agar merasa nyaman.
  • Menjaga kebersihan payudara terutama daerah puting. Ambil posisi yang baik dimana menyususui dengan posisi yang baik akan terhindar dari lecet dan susui si kecil sesering mungkin agar puting tidak membengkak dan sakit. Selain itu menyusui juga dapat menurunkan berat badan secara alami.

Suasana hati yang kadang berubah itu wajar, jika rasa sedih lebih mendominasi sebaiknya kemukakan apa yang dirasakan kepada pasangan atau anggota keluarga terdekat serta berpikirlah positif dan menyukuri bahwa betapa beruntungnya dikaruniai buah hati yang sehat.

Itulah perawatan tubuh yang perlu dilakukan setelah melahirkan. Semoga menjadikan anda semangat dalam menjalani hidup menjadi ibu baru.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*