Permainan Yang Tepat Untuk Bayi 7-9 Bulan

Anak merupakan harapan orang tua di masa depan, saking bahagianya para orang tua sering memberikan sesuatu apapun untuk menyenangkan buah hatinya. Tak lain adalah berupa mainan untuk membuat buah hatinya tersenyum sekaligus untuk merangsang perkembangan dalam tumbuh kembangnya. Tetapi perekonomian yang sulit menjadikan orang tua sedikit merasa bingung untuk membelikannya.

Sebenarnya tidak perlu mainan yang berharga mahal untuk merangsang perkembangannya. Apalagi balita anda berumur 7-9 bulan. Bayi ini  sudah bisa di beri mainan yang sederhana. Di mana balita ini sudah bisa duduk tanpa bantuan, sudah bisa merangkak  dan juga sudah bisa menggenggam dengan baik. Mainan yang tepat untuk mendukung perkembangannya ialah :

Mainan Tangkap aku

Cara bermain jenis mainan ini ialah ibu memberinya mainan yang tidak bersuara seperti orang-orangan atau balok-balok warna. Biarkan si kecil mengamati mainan itu beberapa saat. Kemudian letakkan mainan yang bersuara dan dapat ditarik, usahakan mainan itu yang menarik perhatian anak. Setelah anak tertarik dan berusaha mengambil, tariklah mainan itu menjauh. Si kecil boleh menangkap mainan tersebut sesudah merangkak. Ini mungkin si kecil sedikit merasa kesulitan, tugas anda sebagai ibu yaitu membantunya dengan sabar dan lembut.

Mengapa harus di beri mainan seperti itu?

Mainan tangkap aku mempunyai tujuan sebagai berikut:

  • Untuk merangsang kepekaan pendengaran balita anda.
  • Agar gerakan merangkaknya terlatih.
  • Karena mainan tidak bisa diangkat, otomatis anak akan duduk. Nah, cara Ini dapat melatih anak untuk membiasakan duduk sendiri karena si kecil dapat bertumpu dan berpegangan ada mainan itu saat si kecil duduk.

Mainan berupa menumpuk gelas.

Permainan ini cukup sederhana yakni menggunakan gelas plastik yang berukuran beda, bentuk berbeda dan warna yang berbeda pula. Gelas paling besar berbentuk segi delapan, kemudian yang lebih kecil berbentuk lingkaran, kemudian berbentuk persegi dan seterusnya. Berikan gelas secara terpisah. Ajari si kecil menumpuk, bila kesulitan tugas ibu membantunya sesekali.

Mainan ini mempunyai tujuan:

  • Menumpuk gelas dapat merangsang intelejensi anak.
  • Menyusun gelas dapat merangsang kepekaan auditorik anak dan dapat memberikan kesadaran akan perintah.
  • Gelas plastik aneka ukuran dan warna dapat merangsang kepekaan indera peraba serta penglihatan anak.

Itulah jenis mainan sederhana yang dapat merangsang pertumbuhan si kecil. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*