Strategi Khusus Mendatangkan Banyak Pembeli dalam Sebuah Usaha

Tujuan berjualan adalah untuk mendapatkan keuntungan maksimal, dan untuk memperolehnya maka hanya satu syaratnya yaitu jualanya rame dengan banyak pembeli. Pembeli merupakan tolak ukur sukses atau tidakya sebuah usaha berjualan. Maka dari itu diperlukan strategi khusus untuk mendatangkan banyak pembeli, dan itu akan saya bahas pada artikel kali ini.

 

Strategi mendatangkan pembeli yang pertama adalah dengan mengenal dan mengetahui 5 W + 1 H, yang berarti 5 W (what, Why, Whre, When, Who) dan 1 H (How). What, anda mau usaha jualan apa?, kemudian Why, kenapa anda mengambil usaha itu?, Where, dimana usaha tersebut akan anda jalankan?, When, kapan usaha anda itu akan anda mulai? Dan kapan waktu yang tepat untuk berjualan, selanjutnya adalah Who, siapa target usaha anda?, dan yang terakhir adalah How, bagaimana anda menjalankan usaha anda tersebut?

 

Strategi yang pertama diatas harus benar-benara anda jalankan. Strategi khusus untuk mendatangkan pembeli selanjutnya adalah:

 

  • Perhatikan Kualitas

Kualitas barang dagangan harus anda perhatikan, jangan sampai kualitasnya rendah atau asal-asalan, karena pembeli akan mencari sesuatu dengan kualitas yang baik.

 

  • Harga yang Bersaing

Lebih baik mendapatkan keuntungan sedikit tapi terus menerus, daripada mendapatkan keuntungan besar tapi hanya sementara atau jangka pendek saja. Untuk itu, tentukan harga dengan sebaik mungkin, jangan sampai diatas harga pasar.

 

  • Ramah Terhadap Pembeli

Strategi khusus mendatangkan pembeli selanjutnya adalah dengan ramah terhadap pembeli. Selalu berikan senyuman yang ramah terhadap pembeli, jangan jutek. Dengan keramahan anda, maka besar kemungkinan pembeli tersebut akan datang kembali ke tempat usaha anda.

 

  • Jangan Menyerah

Pada awal membuka usaha berjualan, maka tidak dapat langsung banyak pembeli datang. Maka dari itu jangan menyerah untuk menghadapinya, teruslah berjuang dan berjuang agar pembeli berdatangan.

 

  • Promosi

Cara mendatangkan banyak pembeli yang terakhir adalah dengan memperbanyak promosi. Promosi adalah merupakan cara jitu dalam upaya mendatangkan pembeli, maka dari itu berpromosilah dengan sebaik mungkin. Promosi bisa lewat brosur atau selebaran, selain pelayanan anda yang baik juga merupakan sebuah promosi yang sederhana. Dengan kepuasan pembeli atas pelayanan anda, maka mereka akan secara otomatis mempromosikan usaha anda kepada keluarga, rekan atau sahabat.

 

Itulah strategi khusus untuk mendatangkan banyak pembeli dalam sebuah usaha. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*