Tata Cara yang Benar Dalam Berjualan Pada Bulan Ramadhan

Usaha yang dijalankan pada saat momen ramadhan seperti sekarang ini, jika dijalankan dengan cara yang benar akan mengasilkan keuntungan yang lumayan. Banyak contoh usaha pada momen ramadhan yang bisa menjadi peluang bisnis anda, misal jualan kolak, aneka es, makanan ringan, gorengan,dll. Momen ramadhan juga sangat tepat untuk berjualan pakaian karena setalah ramadhan akan tiba hari raya idul fitri, yang mana pada saat lebaran itu banyak orang yang membutuhkan pakaian baru.

 

Pada artikel kali ini akan saya bahas bagaimana cara benar menjalankan usaha pada momen ramadhan tersebut. Segala bentuk usaha itu harus melalui tata cara yang benar agar usaha berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Langsung saja saya bahas cara menjalankan usaha pada bulan ramadhan dengan cara yang benar, caranya antara lain:

  • Cari Waktu Yang Tepat

Saat anda ingin menjalankan usaha dengan jualan makanan dan minuman,hendaknya waktu yang tepat untuk memulai usaha adalah pada sore hari (jam 3-6), karena pada jam tersebut bagi orang yang berpuasa akan mencari jajanan pada jam-jam tersebut. Khusus bagi yang ingin berjualan pakaian, ini tak terbatas waktu dan bisa dilakukan kapan saja.

 

  • Tempat Yang Strategis

Cara menjalankan usaha pada bulan ramadhan yang benar selanjutnya adalah pemilihan tempat yang tepat dan strategis. Pinggir jalan dan perempatan yang ramai orang lewat adalah tempat yang cocok untuk berjualan. Untuk berjualan makanan dan minuman tidak perlu menggunakan kios khusus, karena bisa dengan menggunakan meja untuk dijadikan tempat lapak dagangan anda. Untuk usaha pakaian, bisa dor to dor, atau menyewa tempat strategis untuk dijadikan tempat berjualan.

 

  • Utamakan Kualitas

Usaha makanan dan minuman saat bulan puasa harus tetap mengedepankan kualitas, karena pembeli bukan hanya untuk jangka satu atau dua hari saja, melainkan selama 30 hari selama masa bulan ramadhan tersebut. Nah dengan kualitas yang baik maka besar kemungkinan pembeli akan kembali lagi untuk membeli dagangan anda, namun jika kualitas yang anda jual ala kadarnya, kecil kemungkinan mereka akan kembali lagi.

 

  • Harga Yang Bersahabat

Tentukan harga yang tepat, dan jangan melebihi harga yang dipatok pedagang lain. Harga yang pas dan dengan kualitas yang baik, maka pembeli akan berbondong-bondong ke tempat anda. Karena pada dasarnya pembeli itu akan mengingat dan membandingkan usaha anda anda dengan usaha orang lain.

 

  • Pelayanan Yang Baik

Cara benar menjalankan usaha pada bulan ramadhan selanjutnya adalah dengan memberikan pelayanan yang baik. Usaha apapun yang akan ada jalankan (bukan hanya saat ramadhan saja) akan berjalan jika pelayanan yang anda berikan itu baik, karena pembeli adalah raja, dan mereka (pembeli) ingin dihargai.

 

  • Hormati Mereka Yang Berpuasa

Bagi anda yang beragama lain dan tidak berpuasa, hendaknya tetap menghargai mereka yang berpuasa. Saat anda berjualan, jangan sampai menunjukkan bahwa anda tidak berpuasa, karena itu sangat mempengaruhi usaha anda.

 

Itulah cara tepat menjalankan usaha pada bulan ramadhan tersebut, semoga menginspirasi dan membantu anda dalam berjualan pada saat bulan puasa. Sekali lagi usaha apapun jika dijalankan dengan cara yang benar maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Semoga bermanfaat!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*