Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Membantu Penuaan

Gula merupakan komoditi perdagangan utama, gula merupakan karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi. Gula yang paling banyak diperdagangkan dalam bentuk Kristal sukrosa padat. Gula berguna untuk mengubah rasa menjadi manis pada makanan atau minuman.

Gula sederhana, seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energy yang akan digunakan oleh sel-sel tubuh. Namun mengkonsumsi gula hendaknya jangan berlebihan karena ada hal yang perlu anda waspadai, bahwa kandungan dalam gula ternyata dapat membantu timbulnya kulit keriput yang ada di sudut mata.

Menurut penelitian terbaru di Jurnal Age menyatakan bahwa para ahli mengklaim kalau gula dapat menyebabkan proses penuaan lebih cepat. Jika seseorang ingin menjaga penampilanya tetap awet muda, maka sudah saatnya ia mengurangi secara perlahan konsumsi gula tersebut. Namun demikian tidak atau bukan berarti gula jahat bagi tubuh manusia, karena gulamerupakan sumber kabohidrat jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

Dibawah ini merupakan beberapa tips untukmenjaga kulit tetap bercahaya dengan mengelola dan mengatur konsumsi gula. Tips tersebut antara lain:

  1. Hindari Gula Halus
    Gula halus sebenarnya tidak memiliki nilai gizi, oleh karena itu gula jenis ini tidak perlu anda konsumsi. Jadi untuk menjaga kulit sebaiknya yang perlu anda lakukan adalah menghindari gula jenis ini. Atau minimal mengurangi pengkonsumsianya.
  1. Hindari Sirup Jagung Dengan Kadar Fruktosa Tinggi (HFCS)
    Sirup jagung juga kurang baik bagi anda, karena akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh tanpa ada nilai gizi. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, namun ada baiknya anda menguranginya.
  1. Konsumsi Gula Alami Dalam Bentuk Asalnya
    Cobalah mengkonsumsi gula dalam bentuk asalnya, seperti buah yang sudah mengandung rasa manis. Anda dapat membuat smoothie (buah atau sayur yang dihaluskan dengan blender) sebagai pengganti gula, atau dapat juga mengkonsumsi salad buah sebagai pencuci mulut, bukan kue coklat.
  1. Konsumsi Gula Alternatif
    Ada banyak gula alternative yag dijual di pasar dengan nilai kalori rendah. Ada berbagai merk jenis gula ini. Ini bisa menjadi solusi alternative bagi anda untuk tetap menikmati rasa manis yang berasal dari gula.

Itulah sekilas uraian tentang konsumsi gula, mulailah berbuat bijak dari sekarang karena sehat adalah anda sendiri yag menentukan. Semoga bermanfaat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*