Tertawa Penting Bagi Kesehatan

Tertawa mungkin bagi sebagian orang hanya merupakan bentuk ekspresi rasa senang atau gembira, dan tidak memiliki pengaruh apa-apa bagi kesehatan.

Padahal tertawa mempunyai banyak manfaat bagi kita, salah satunya untuk kesehatan tubuh.

Mungkin anda bertanya-tanya dengan persepsi di atas, namun menurut beberapa ahli ternyata tertawa bisa mengurangi stres, mengurangi kesedihan, awet muda dan masih banyak manfaat yang lain.

Manfaatnya yang lain adalah:

Mengurangi Gula Darah

Dengan tertawa ternyata dapat mempengaruhi sistem neuroendokrin dan mempercepat penggunaan glukosa oleh otot yang aktif. Dari studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa tertawa juga bisa menurunkan gula darah dalam tubuh.

Memperlancar Peredaran Darah

Hal ini dikarenakan dengan kita tertawa dapat melebarkan endotelium, yakni jaringan yang menyusun lapisan darah, sehingga peredaran menjadi lebih lancar.

Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Dengan tertawa kadar saliva imunoglobin A dapat meningkat. Hal itu merupakan antibodi yang dapat melawan bakteri dan infeksi dalam tubuh sehingga kita tidak mudah terkena penyakit.

Menghilangkan Rasa Sakit

Tertawa juga bisa mengeluarkan hormon endhorpin yang dapat membantu menciptakan rasa nyaman dan bahagia, sehingga dapat mengurangi atau setidaknya melupakan rasa nyeri akibat adanya penyakit.

Merangsang Organ Tubuh

Disaat kita tertawa organ seperti jantung, otak dan paru-paru ikut berperan aktif. Karena peranan tersebut, maka dapat menciptakan rileks atau ketenangan.

Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Karena peredaran atau sirkulasi darah yang lancar, dan dapat meningkatkan sistem imun, maka dengan tertawa dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Memori Dalam Otak Meningkat

Pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup banyak ke dalam otak, sehingga dapat meremajakan sel-sel yang terdapat dalam otak.

Mood Jadi Lebih Baik

Tertawa dapat meningkatkan mood, hal ini disebabkan karena dengan tertawa kita dapat melupakan sejenak masalah yang ada. Sehingga yang tadinya bad mood dapat menjadi good mood.

Menghilangkan Emosi

Emosi kita akan terkontrol dengan baik, karena dengan tertawa kita mendaatkan rasa riang dan senang.

Itulah manfaat yang dapat anda ambil dari “hanya” sekedar tertawa.

Maka dari itu disarankan agar anda sesering mungkin tertawa, sampai-sampai ada istilah “tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*