Tips Agar Anak Senang Membantu Pekerjaan Rumah

Di saat pembantu mudik atau pulang kampung kegiatan rumah tangga jadi terbengkalai. Para ibu sangat menginginkan mempunyai anak yang mau membantu terutama dalam hal kegiatan bersih-bersih atau kegiatan rumah tangga lainnya. Tetapi semua itu hanya bayangan saja karena mayoritas anak-anak lebih senang bemain ketimbang membantu ibunya mengerjakan kegiatan rumah tangga.

Jangan keburu putus asa dalam membujuk anak untuk membantu anda dalam meringankan tugas rumah tangga. Wujudkan impian anda untuk mempunyai anak yang mau membantu dengan tips berikut ini:

Berikan pujian sebelum memulai pekerjaan

Dengan di puji anak menjadi semangat dalam mengerjakan sesuatunya seperti merapikan tempat tidur, merapikan mainannya dan lain sebagainya. Riset menunjukkan, memuji anak secara psikologis membuat anak ingin mengerjakan tugas tersebut.

Di saat bekerja turunkan badan anda sampai setinggi dia (seseorang yang di perintah)

Menurut ahli dengan keadaan seperti ini anda bisa berhadapan dengan seseorang dari mata ke mata yang dapat membantu mengembangkan koneksi yang lebih kuat pada saat itu, yang membuat orang tersebut lebih menyenangkan anda, sehingga dia akan mengerjakan tugas secara lebih baik. Terutama anak kecil jika kita menyuruhnya dengan kondisi kita menurunkan badan anak merasa anda meminta tolong bukan menyuruhnya.Jika seperti itu anak jadi semangat dalam membantu anda.

Buat daftar jumlah apa saja yang di kerjakan

Dengan di buatkan daftar jumlah seperti itu anak menjadi ingin melakukannya lagi tanpa harus di minta. Karena dengan seperti itu anak merasa di hargai.

Ubah cara mengerjakan tugas menjadi permainan

Sesuatu kerjaan jika di lakukan seperti permainan akan membuat sebuah tugas tersebut menjadi lebih menyenangkan dalam menjalaninya ketimbang di lakukan dengan serius. apalagi anak-anak, tanpa di minta akan langsung membantunya karena ia merasa tugas tersebut membuatnya senang.

Sertai musik dalam bekerja

Dengan musik anda dan anak menjadi lebih semangat, mungkin sambil joged atau menyanyi. Dengan seperti itu tanpa terasa pekerjaan telah selesai.

Itulah tips untuk anak anda agar mau membantu. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*