Tips Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Orang tua khususnya ibu akan merasa canggung atau bahkan takut apabila harus merawat si buah hati yang baru saja dilahirkan, apalagi si buah hati tersebut merupakan anak pertama.

Diperlukan ketelitian dan ke hati-hatian para ibu dalam merawat bayi yang baru saja dilahirkan. Baik waktu memandikan, menggendong, dan menyusui si buah hati.

Anda sebagai ibu harus tahu tentang cara yang benar dalam menangani masalah di atas.

Berikut ulasan mengenai bagaimana cara yang baik dan benar memandikan, menggendong, dan menyusui si buah hati yang baru saja lahir.

Memandikan

  1. Para ibu disarankan untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum memandikan bayi.
  2. Siapkan air hangat ke dalam bak mandi khusus untuk bayi. Kisaran suhu air hangatnya adalah 36-37 drajat celcius.
  3. Siapkan semua perlengkapan mandi di dekat bak.
  4. Siapkan juga baju bayi yang mau buat ganti, letakan ditempat tidur.
  5. Letakan bayi di atas handuk, atau lebih bagus diatas perlak/kain plastik .
  6. Lepaskan baju, popok, dan sebagainya.
  7. Bersihkan terlebih dahulu alat kelamin si bayi menggunakan tisu basah.
  8. Basahi waslap dengan air hangat yang sudah disiapkan, kemudian bersihkan dahulu muka si bayi. Lalu dilanjutkan ke badan dan seluruh tubuh.
  9. Basahi kembali waslap, lalu tuangkan sampo atau sabun mandi khusus bayi ke dalam waslap. Usapkan merata keseluruh tubuh.
  10. Lalu masukan bayi kedalam bak mandi, bilas busa yang menempel pada bayi.
  11. Angkat bayi, letakan diatas handuk kering dan bersih.
  12. Beri minyak telon keseluruh tubuh jika bayi terlihat kedinginan. Dan untuk lekukan tubuh pada bayi oleskan baby cream.
  13. Pakaikan baju yang bersih, popok, bedong agak longgar, kemudian sisir bayi menggunakan sisir khusus bayi.
  14. Setelah semua selesai, ibu kembali cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggending bayi.

Menggendong

  1. Bungkukan badan ibu ke arah buah hati yang terbaring. Kemudian selipkan satu tangan ibu pada leher bawah si buah hati untuk menyangga. Sementara tangan yang satunya diselipkan di bawah badan bayi, ini bertujuan untuk mengangkat bayi.
  2. Angkat secara perlahan si buah hati ke arah dada. Kemudian letakan bagian kepala, leher dan punggung bayi pada lipatan siku tangan kiri ataupun tangan kanan. Sementara tangan yang satu menopang bagian bokong dan kaki bayi.
  3. Dapat juga ibu menggendong bayi dengan posisi tegak dengan kepala si buah hati di atas bahu dan menghadap ke belakang. Sandarkan dada si kecil pada dada ibu. Gunakan satu tanganya untuk menopang bagian leher, sementara tangan yang satu menopang bagian bokong.
  4. Untuk bayi di atas 1 bulan dapat digendong dengan posisi si buah hati setengah duduk. Satu tangan menopang bagian punggung dan leher, sementara yang satu diletakan diatas dada bayi.

Menyusui

  1. Sebelum menyusui, keluarkan sedikit terlebih dahulu ASI-nya. Oleskan pada puting ibu. Ini berfungsi untuk desinfektan dan menjaga kelembaban puting.
  2. Bayi diletakan menghadap perut/payudara.
  3. Ibu atau berbaring santai (kaki tidak boleh menggantung jika pada posisi duduk).
  4. Bayi dipegang dengan satu lengan, kepala bayi terletak lengkung siku ibu dan bokong bayi ditahan dengan telapak jari ibu.
  5. Satu tangan bayi teletak pada bagian depan badan ibu, dan yang satunya letakan pada bagian belakang badan ibu.
  6. Perut bayi menempel pada badan ibu, kepala si bayi menempel pada payudara.
  7. Sang ibu sebaiknya menatap si buah hati dengan penuh kasih sayang.
  8. Payudara dipegang dengan ibu jari, dan jari yang lain menopang payudara dari bawah.
  9. Bayi diberi rangsangan untuk membuka mulutnya. Bisa menempelkan puting di dekat mulut si buah hati, atau bisa juga menggunakan jari.
  10. Setelah mulut terbuka, dengan cepat kepala bayi diletakan dekat dengan payudara ibu. Segera puting dan areola dimasukan kedalam mulut bayi.
  11. Bagian areola usahan masuk sebagian kemulut si buah hati, agar puting berada dibawah langit-langit dan lidah bayi akan menekan ASI keluar.
  12. Setelah bayi mulai mengisap, payudara ibu tidak perlu dipegang lagi. Yang perlu diperhatikan adalah agar ASI tidak masuk ke hidung si buah hati.

Demikian uraian singkat tentang tata cara yang baik dan benar dalam merawat bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat bagi anda, dan semoga bayi anda akan tumbuh menjadi anak yang sehat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*