Tips Cara Merawat Rambut Bayi Yang Benar

Wajar sekali jika kita bingung dengan rambut bayi selain karena halus dan lembut, rambut bayi sering membuat para ibu cemas dengan pertumbuhannya. Ada yang hitam panjang, tapi ada juga yang tipis dan berwarna merah.

Pertumbuhan rambut bayi dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya :

  • Faktor genetik. Ini tidak bisa diutak atik karena faktor ini sangat berpengaruh dari orang tuanya.
  • Asupan gizi. Yang di maksud di sini apabila anak kurang gizi rambut akan terlihat kering, merah, dan mudah rontok.
  • Pengaruh hormon misalnya bayi sewaktu lahir yang mempunyai rambut lebat kemungkinan karena pengaruh hormon endrogen dari ibunya.
  • Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap rambut bayi, di mana tingkat polusi yang tinggi serta paparan sinar matahari dapat mengakibatkan rambut rusak. Selain itu faktor lingkungan yang tidak higienis dapat menimbulkan ketombe serta seberoik yang dapat membuat rambut rontok.

Di samping tumbuh kembang rambut dipengaruhi oleh beberapa faktor, rambut bayi juga dipengaruhi oleh cara merawatnya. Perawatan kulit kepala dan rambut bayi sangat penting dan sangat sederhana yakni cukup mengkeramasinya.

Cara mengkeramasi rambut bayi yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  • Gosok perlahan dengan gerakan lembut ke seluruh kulit kepala, lalu bilas sampai bersih dengan air suam kuku atau suhu kamar.
  • Untuk bayi kecil, basahi rambutnya dengan semprotan halus atau dengan menuangkan secangkir air. Tambahkan satu dua tetes shampo dan gosok lembut sampai berbusa. Jangan sampai shampo mengenai matanya. Basuh sampai bersih dengan semprotan atau secangkir air.
  • Untuk bayi yang sudah dapat berdiri, gunakan topi khusus yang melindungi mata dari aliran air dan shampo sewaktu rambut dibilas.

Demikian faktor yang mempengaruhi tumbuhnya rambut pada bayi dan cara merawat rambut bayi yang baik dan benar. Sebagai orang tua kita tidak perlu khawatir dengan pertumbuhan rambut, seiring dengan berjalannya waktu jika kita telaten merawat dan memperhatikan asupan gizi rambut bayi akan tumbuh sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*