Tips Memilih Komunitas Motor yang Sehat, agar Tidak Terjerumus Kedalam Geng Motor

Geng motor akhir-akhir ini sangat meresahkan warga masyarakat, mereka sering berbuat onar dan melakukan tindak kejahatan dengan membabi buta. Geng motor merupakan sekumpulan orang (biasananya remaja) yang berasal dari sebuah komunitas motor tertentu tapi mempunyai tindakan yang tidak terpuji, dalam arti lain geng motor merupakan komunitas sepeda motor yang sifatnya negatif. Namun tidak semua komunitas motor itu negatif, karena masih banyak komunitas motor yang mempunyai visi dan misi jelas yang sifatnya positif. Komunitas motor yang positif itu dapat diartikan sebagai komunitas motor yang sehat.

 

Kamu sebagai remaja hendaknya bisa memilih dan memilah dengan tepat jika ingin bergabung dalam sebuah komunitas motor, jangan sampai terjerumus ke dalam komunitas motor negatif atau geng motor. Untuk membantumu dalam memilih komunitas motor yang positif atau sehat, maka saya akan memberikan tips memilih komunitas motor yang sehat agar tidak terjerumus ke dunia geng motor. Langkah tepat dalam memilih komunitas motor itu antara lain:

 

  • Punya Visi dan Misi Jelas

Seperti yang sudah saya katakan diawal bahwa komunitas motor yang sehat itu mempunyai vis dan misi yang jelas. Jangan sampai komunitas motor itu hanya untuk sekedar tongkrong bersama dan kumpul-kumpul saja, melainkan mempunyai tujuan yang konkrit (tujuan yang baik tentunya).

 

  • Tersetruktur dengan Baik

Tips memilih komunitas motor yang sehat selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa komunitas itu mempunyai struktur kepengurusan yang baik. Ada ketua, sekretaris, bendahara, dll. Jika sebuah komunitas motor mempunyai struktur organisasi yang lengkap, maka besar kemungkinan bahwa komunitas motor itu adalah komunitas yang baik .

 

  • Trek Record

Kamu juga bisa melihat apakah komunitas motor tersebut mempunyai trek record yang baik atau tidak, jika trek recordnya baik maka kamu boleh bergabung dengan komunitas atau club motor tersebut, namun jika sekiranya kegiatan dan aktivitasnya sudah meresahkan warga (mempunyai trek record buruk, maka sebaiknya kamu urungkan niat untuk bergabung.

 

  • Tanyakan Segala Kegiatan yang Sudah Dilakukan Melalui Anggota

Tips memilih komunitas motor yang sehat seanjutnya adalah dengan menanyakan kepada salah satu anggota (mungkin teman yang sudah bergabung), apa saja kegiatan dan apa saja yang sudah dilakukan oleh komunitas motor tersebut. Jika dirasa kegiatanya positif, maka bergabunglah, namun jika tidak batalkan niatmu.

 

  • Dengan Menimbang Manfaat yang Bisa Kamu Ambil

Bergabung dengan komunitas motor itu boleh saja (asal yang sehat atau positif), namun sebelum kamu memutuskan untuk bergabung, sebaiknya kamu timbang terlebih dahulu apakah ada manfaatnya atau tidak jika kamu bergabung. Jika dirasa tidak ada manfaat yang positif, lebih baik tidak usah, dan kamu fokus saja sama belajar kamu. Itu akan lebih baik, karena masa depanmu jauh lebih penting.

 

Itulah tips memilih komunitas motor yang sehat, agar tidak terjerumus ke dalam geng motor. Semoga bermanfaat bagi kamu, sekali lagi saya tekankan bahwa proses belajar kamu jauh lebih penting dan itu yang harus kamu prioritaskan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*