Tips Mencari Sepatu Untuk Anak Yang Baru Berjalan

Anak yang baru belajar berjalan atau sudah bisa berjalan meski masih oleng kiri kanan, juga harus mendapat perhatian khusus. Memberinya sembarang sepatu dapat menyebabkan kerusakan kaki di kemudian hari. Sepatu yang pas di kaki (tidak kebesaran atau kekecilan), amat disarankan sehingga pertumbuhannya tidak terganggu.

Berikut tips memilih sepatu untuk balita anda:

  • Cari model sepatu yang mudah di pakai dan di lepas kendati sebagian ahli menganggap sepatu semacam boot lebih tepat karena kaki anak tidak mudah keluar(meski agak repot bagi orang tua saat memakaikan/melepaskannya).
  • Perhatikan pula berat atau ringannya sepatu. Jika terlalu berat, membuat anak sulit melangkah atau mengangkat kaki sementara ia sendiri baru belajar berjalan. Jangan sampai hanya karena sepatunya yang kelewat berat, anak jadi malas berjalan.
  • Cari sepatu dengan alas yang antiselip agar anak tidak mudah terpeleset. Supaya aman.
  • Carilah sepatu yang permukaan alasnya bergaris-garis atau bergelombang (tidak rata sama sekali) sehingga si kecil tidak mudah tergelincir.
  • Jika anda ingin membelikannya sepatu formal dari kulit dengan alas yang licin, tempelkan plester atau solatip di bagian alas sehingga tidak kelewat licin.
  • Pilih model sepatu dengan bagian depan melebar. Hindari sepatu dengan ujung yang runcing dan menyempit karena akan membuat kaki serta jari anak sakit dan tidak bisa leluasa bergerak.
  • Perhatikan pula bagian belakangnya (tempat tumit). Sedapat mungkin cari yang kokoh atau di beri bantalan agar kaki belakang anak tidak mudah keluar.
  • Perhatikan bahan sepatu, para ahli lebih menyarankan sepatu dengan bahan kulit(untuk bagian atas) atau kanvas. Sepatu dari plastik dan kulit imitasi kurang di sarankan karena membuat kaki sulit bernapas dan tidak mampu mengurangi kelembapan.

Untuk model dan warna sepatu mungkin belum terlalu di perhatikan oleh anak usia 12-15 bulan. Lain halnya dengan anak yang sudah agak lebih besar, model dan warna punya arti khusus bagi mereka. Untuk itu carilah warna ceria dan motif desain yang menarik. Aksen berupa gambar binatang atau tokoh kartun favorit mereka, biasanya di sukai anak.

Untuk kesehatan sebaiknya beri kesempatan anak untuk telanjang kaki. Misalnya berjalan di halaman(jika tidak membayakan) atau saat anda mengajaknya berjalan menyusuri pantai. Hal ini sehat untuknya.

Itulah tips memilih sepatu untuk balita anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Memilih Mainan Untuk Si Kecil

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*