Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Anak pada umur 1-5 tahun biasanya sangat susah apabila disuruh untuk makan, karena anak ingin selalu bermain dan banyak gerak. Kondisi ini tidak ayal membuat pusing para orang tua.

Dibawah ini, akan kami paparkan beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak mau makan :

  1. Ajak makan anak bersama keluargaAnak biasanya mempunyai kecenderungan meniru. Dengan anak melihat kedua orang tuanya atau keluarga makan, si anak akan tertarik untuk ikut makan.
  1. Hindari anak makan cemilan terlalu banyakCemilan yang diberikan pada anak jangan terlalu banyak, karena hal ini akan mengakibatkan turunya nafsu makan anak.
  1. Berikan makanan yang disukai anakHal pertama yang dilihat anak disaat disuruh makan adalah menu. Nah sebagai orang tua,kita harus pintar untuk menyajikan makanan yang disukai anak.
  1. Buat anak merasa senang terlebih dahulu sebelum makanMenu makanan yang disajikan bisa menjadi sarana untuk bertanya kepada anak, karena dengan berinteraksi anak akan merasa senang. Sebagai contoh, menu yang disajikan adalah sayur brokoli, kita bisa menanyakan apa warna dari sayur tersebut.
  1. Buat kreasi makananBentuk makanan menyerupai tokoh atau hewan, agar anak tertarik untuk memakanya.
  1. Variasi makananBerikan makanan yang bervariasi, agar anak tidak merasa bosan.
  1. Ajak anak untuk membuat makananDengan cara ini, anak akan merasa ingin mencicipi masakan yang dia buat.
  1. Suapi anakSuapi anak dan biarkan anak bermain saat makan, dengan demikian anak tidak merasa terganggu disaat bermain.
  1. Berikan makanan dalam porsi kecilSaat memberikan makanan anak, biasakan memberi makanan dalam porsi kecil tapi dalam frekuensi lebih sering.
  1. Orang tua harus lebih sabarApapun kondisinya dan bagaimanapun sikap anak saat disuruh makan, orang tua harus sabar. Karena anak mau makan atau tidak tergantung dari kita sebagai orang tua.

Demikian beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi anak susah makan. Apabila anak tetap tidak mau makan, dan kita kawatir terhadap pertumbuhan anak, maka segera hubungi dokter anak. Semoga bisa menjadi referensi bagi orang tua yang mempunyai anak yang susah makan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*