Tips Mengatasi Anak Yang Susah Mandi

Anak kecil paling senang bermain kotor-kotor tetapi tiba waktu mandi ada yang dengan semangat mau menjalaninya namun ada kalanya ada anak yang oga-ogahan jika disuruh mandi. Bahkan dengan alasan apapun ia tidak mau mandi. Padahal mandi merupakan cara terpenting dan utama dalam membersihkan badannya agar terhindar dari berbagai kuman penyebab penyakit.

Jika anak Anda susah sekali diajak mandi, cobalah cara-cara berikut ini:

  • Mungkin anak kita takut dingin, jadi sebelum ia disuruh mandi sentuh dulu air dalam bak. Apakah terasa dingin atau tidak. Jika terasa dingin sesekali gunakan air hangat agar anak merasa nyaman.
  • Mungkin si anak tidak mau mandi berdiri. Jika seperti ini cobalah menggunakan bak mandi seperti ketika waktu bayi.
  • Agar suasana mandi menyenangkan, tidak monoton, dan tidak terkesan dipaksa bawa mainan kesukaannya. Lalu ajak ia memandikan mainannya bersama. Dengan begitu anak kita tahu bahwa mandi itu menyenangkan.
  • Ajak berdialog dengan bahasa yang mudah dimengertinya. Jelaskan pula bahwa mandi membuat badan bersih, sehat juga wangi.
  • Pada fase otonomi dan egosentris, anak kecil ingin melakukan sesuatunya sendiri. Jika memang begitu, kita bisa pilihkan perlengkapan mandi khusus buatnya seperti gayung yang memiliki warna yang disukai anak.
  • Di usia ini anak ingin mencoba sesuatunya sendiri. Jadi persilahkan anak untuk menyabuni tubuhnya sendiri. Kalau ia kesulitan pada punggungnya sebaiknya dibantu dengan meminta izin yang lembut agar suasana mandi menyenangkan.
  • Boleh juga dicoba dengan cara memperdengarkan lagu-lagu agar suasana menjadi riang.

Itulah beberapa tips agar anak mau mandi. Yang terpenting adalah kesabaran kita sebagai orangtuanya, jadi jangan cepat menyerah misal anak kita tidak mau mandi dengan segera karena dengan memberi pengertian secara terus-menerus niscaya anak akan menurut untuk mandi. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*