Tips Mengatasi Kebiasaan Mengemut Makanan Pada Anak

Berbagai cara di lakukan orangtua untuk menstimulasi tumbuh kembang si kecil agar berjalan optimal. Salah satunya dengan pemberian makanan padat yang bernutrisi lengkap pada si kecil yang telah berusia 1 tahun ke atas seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Yang terpenting sebagai sumber energi dan zat pembangun tubuh serta vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai zat pengatur.

Tetapi sayang pada tersebut si kecil seringkali memiliki kebiasaan makan yang tidak baik seperti kebiasaan mengemut makanan. Kebiasaan ini kerap terjadi pada anak yang baru mengenal makanan padat. Penyebabnya bisa karena ia belum mengerti cara mengunyah yang benar yakni dalam masa transisi dari makanan cair ke makanan padat atau karena terlalu asyik bermain sehingga lupa pada makanan dalam mulutnya.

Kebiasaan mengemut makanan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gigi mudah rusak dan kekurangan gizi penting yang di butuhkannya.

Kebiasaan mengemut ini dapat diatasi dengan berbagai cara di antaranya:

Variasikan menu

Menu yang itu-itu saja akan membuat anak bosan dan malas makan, Bahkan mendorong anak menjadi picky eater. Sajikan makanan yang berbeda setiap harinya atau ganti nasi dengan roti atau mi. Sesekali biarkan anak memilih makanan kesukaannya agar lebih bersemangat saat makan.

Ciptakan waktu makan menyenangkan

Hindari memberi makan anak sambil bermain atau menonton televisi. Biasakan untuk makan bersama di meja makan dengan anggota keluarga yang laen. Jangan mencubit atau memukul anak jika ia mengemut makanan atau berlama-lama makan.

Ajari cara mengunyah yang benar

Orang tua harus berperan aktif dalam menyontohkan cara mengunyah yang benar secara bertahap yaitu bagaimana membuka mulut dan menggerakkan rahang.

Hentikan kebiasaan mengisap dot

Kebiasaan ini dapat membuat anak menjadi terbiasa mengemut makanan. Kurangi pemberian dot dan terangkan dengan bahasa sederhana mengenaiefek buruk mengemut.

Makan dahulu sebelum main

Sebaiknya jangan memberikan anak makan sambil bermain agar dia tidak lupa mengunyah akibat terlalu asyik bermain. Pisahkan waktu antara makan dengan bermain.

Batasi waktu makan, yaitu jangan lebih dari 30 menit

Karena makanan akan teroksidasi dan terkontaminasi sehingga rasanya menjadi berubah. Selesaikan makan dalam waktu 30 menit. Jangan paksa anak untuk menghabiskan makanannya karena dapat membuatnya trauma dan waktu makan menjadi momen yang menakutkan bagi anak. Lebih baik berikan makan dalam porsi kecil namun sering daripada porsi besar tapi di paksakan habis hingga lebih dari 30 menit.

Itulah tips yang bisa di lakukan orang tua jika anaknya mempunyai kebiasaan mengemut makanan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*